Jumat, 01 Juni 2012

4 RAHASIA YANG BIKIN MIO JET DAN SOUL GT IRIT


Produk anyar Yamaha itu diklaim lebih irit bahan bakar 30% dibanding motor konvensional dengan sistem karbu. Semua karena kehebatan teknologi terbaru Yamaha YMJET-FI. Di balik iritnya Mio Jet dan Soul GT dengan teknologi YMJET-FI, Yamaha menyimpan empat rahasia lho. Mau tau apa rahasianya ?
Teknologi YMJET-FI membuat Yamaha makin berkibar dan percaya diri dengan 4 rahasia utama yang dibenamkan pada motor-motornya itu. Biar bradercis nggak penasaran, Member Yamaha akan kasih bocoran rahasianya.


  1. Advanced Low Friction Technology
Teknologi ini dipercaya mampu meminimalkan gesekan yang terjadi di dalam mesin. Tujuannya biar nggak ada power loss sejak tenaga mulai digenjot di dalam mesin. ”Semua perangkat dapur mesinnya seperti kruk as, camshaft, leher pada stang piston, rendah gesekan (low friction). Ditambah sarat teknologi roller pada cam shaft dan kruk as yang juga enteng,” terang Abidin, GM Servis Yamaha, saat Seminar Teknologi FI di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Sabtu (15/04).

  1. DiASil Cylinder dan Forged Piston
Ini emang agak ribet. Tapi tenang aja, DiASil Cylinder dan Forged Piston itu blok silinder yang dibuat dengan sistem tempa. Nah lo.. apalagi ini? Maksudnya dibuat dengan aluminium khusus sehingga pemuaiannya terukur plus bahan piston yang istimewa dan tahan gesekan. ”Kombinasi keduanya membuat jarak renggang (celah) piston dan blok mesin lebih stabil. Sebagai komparasinya, ketika mesin konvensional panas, tenaga mesin langsung drop (turun) karena jarak kerenggangan tadi (celah) menyempit disebabkan piston tidak presisi dan blok mengalami pemuaian, ”jelas Abidin.

  1. Fuel Pump Mungil
Fuel Pump (pompa bensin) pada Mio Jet dan Soul GT yang ada di dalam tangki, dibuat lebih kecil dan seksi. Selain bisa menampung volume bensin lebih banyak dan membuat sistem semprotan bensin ke injector semakin lancar jaya, sistem ini juga menggunakan daya listrik yang tanpa arang (brushless) sehingga konsumsi setrumnya lebih sedikit. ”Karena kebutuhan strumnya minimal, dampaknya tidak mengganggu kebutuhan listrik untuk mesin,” lanjut Abidin.

  1. YMJET-FI
Jurus terakhir termasuk yang paling fenomenal di dunia otomotif. Sebab, sejatinya penggunaan YMJET-FI adalah teknologi pada Yamaha MotoGP yang diterapkan di motor Yamaha. Iya, termasuk penggunaan DiASil Cylinder dan Forged Piston itu. Sistem ini dilengkapi air assist passage (jalan khusus aliran udara) dan dua buah throttle valve. Yang terakhir, dijamin nggak dimiliki oleh motor matik lain di Indonesia. Mantap kan?
Semua penggunaan teknologi itu membuat Mio Jet dan Soul GT irit banget, baik digunakan untuk ngacir atau pun slow (pada rpm tinggi atau pun rendah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar