Selasa, 09 Maret 2010

Wawancara Eksklusif dengan Valentino Rossi


Di usia yang sudah 31 tahun, Valentino Rossi mengaku memang sudah tidak seperti ketika masih berumur 20 tahun dulu.

Dalam wawancara ekskulsif bersama Azrul Ananda di Surabaya Kemarin (1/3), juara dunia 9 kali itu mengungkapkan pendapatnya tentang musim MotoGP2010, plus rencana masa depan dan pesan2 untuk penggemar di Indonesia, berikut petikan wawancaranya:

Tahun lalu saat datang di Jakarta, anda masih cedera kaki, harus pakai kruk. Bagaimana kondisi anda awal tahun ini?

Ya, waktu itu agak berbahaya. Kondisi sekarang lumayan. Saya dalam kondisi cukup baik. Kami sudah mulai bekerja dengan motor baru kami, dan sudah menjalani 2 sesi uji coba di Sepang (Malaysia). Testing juga berjalan baik, jadi kami positif.

Saya sadar anda tak punya waktu untuk jalan2. Tapi anda sudah pernah ke Indonesia sebelumnya, dan pasti sudah pernah melihat Surabaya dari atas pesawat. Apa pendapat anda tentang Surabaya sejauh ini?

Ini tempat yang baik. Seperti anda bilang saya datang ke sini untuk kerja, tidak punya banyak waktu untuk jalan2. Tapi suatu saat saya ingin kembali untuk berlibur.

Secara rahasia kan?

Pasti begitu.

Waktu wawancara tahun lalu anda bilang antusiasme untuk MotoGP di Indonesia mengagumkan, melebihi negara2 yang punya balapan motor GP. Anda juga sudah mengunjungi negara2 lain yang tidak punya MotoGP. Bagaimana anda membandingkan penggemar di Indonesia dengan negara lain itu?

Disini positif. Pasion (semangat) untuk MotoGP sekarang dengan 15 tahun lalu, tampaknya banyak kemajuan . Semua orang di sini mengikuti MotoGP, tahu pembalap2nya dan di sini ada banyak motor di jalanan. Jadi ini tempat yang baik, khususnya baik untuk MotoGP.

Punya pesan khusus untuk para penggemar di Indonesia?

Ya, tentu. Belilah sepeda motor! Tapi perhatikan jalanan, karena saya melihat banyak kemacetan dan kondisi jalannya tidaklah fantastis. Pada saat yang sama, ikuti semua balapan MotoGP2010, dan cobalah untuk menikmatinya!

Kini kita mulai bicara soal MotoGP. Anda merupakan pembalap tercepat dalam semua sesi uji coba yang sudah di lakukan. Menurut anda apakah anda merupakan kandidat utama juara dunia tahun ini, mengejar gelar juara dunia kesepuluh?

Kami baru menjalani uji coba di Sepang, dan itu merupakan sirkuit yang baik untuk Yamaha dan untuk saya. Kita masih harus menunggu hasil uji coba lain di sirkuit lain. Tapi saya adalah juara dunia dalam 2 musim terakhir, jadi tentu sayalah kandidat utama juara dunia tahu ini.

Musim lalu anda hanya memenangi 6 lomba. Bila dibandingkan dengan musim2 juara sebelumnya, itu jumlah kemenangan paling sedikit. Berapa lomba yang ingin anda menangi tahun ini?

Tahun lalu adalah tahun yang luar biasa, karena kami merebut gelar juara dunia. Tapi saya membuat beberapa masalah dan (secara tim) kami mengalami beberapa masalah. Jadi untuk 2010 kami ingin lebih baik.

Pada akhirnya, target utama kami adalah untuk merebut juara dunia, bukan memenangi lomba. Jadi, jumlah lomba yang harus di menangi tidaklah terlalu penting.

Seberapa baik motor (Yamaha YZR-M1) anda tahun ini? Seberapa baik kalau kalau dibandingkan dengan tahun lalu?

Saya benar2 senang. Motor ini tampak lebih baik. Dalam hal sasis, juga mesin. Karena di Jepang Yamaha bekerja begitu keras untuk (beradaptasi) dengan regulasi baru, yang hanya mengijinkan pemakaian 6 mesin untuk seluruh musim ini.

Motor kami tampaknya cepat. Kami begitu senang dan kami menunggu berlangsungnya lomba pertama untuk memahami situasi yang sebenarnya. Karena lomba, biasanya selalu berbeda dengan uji coba.

Bagaimana anda melihat para pesaing? Kompetitor mana yang bakal memberi kesulitan terbanyak tahun ini?

Bagi saya pesaing paling menyulitkan adalah Jorge Lorenzo, rekan setim saya sendiri, yang mengendarai motor yang sama. Juga (Casey) Stoner bersama Ducati. Mungkin juga (Dani) Pedrosa, (Ben) Spies, (Andrea) Dovizioso, dan (Loris) Capirossi tidak jauh ketinggalan.

Mari kita melihat agak kedepan. Kita semua tahu MotoGP akan ganti regulasi dan pindah ke mesin 1.000cc pada 2012, bahkan mungkin lebih cepat. Jelaskan pendapat anda tentang itu!

Saya piker situasi sekarang tidaklah terlalu jelas. Tidak ada yang tahu apakah yang akan terjadi pada tahun 2011 dan 2012. Tapi menurut saya adalah sebuah kesalahan mengubah dari 1.000cc ke 800cc di MotoGP. Jadi saya senang kalau 1.000cc bisa kembali.

Tapi saya membaca sebuah situs di internet, Yamah mungkin tidak mau pindah ke 1.00cc. Apa pendapat anda?

Ya, situasi sekarang tidaklah fantastis. Semua pabrikan butuh menghemat uang untuk masa depan, karena situasi ekonimi dunia tidaklah fantastis. Terutama karena alas an itulah, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada 2011 dan 2012.

Tapi anda berharap Yamaha akan pindah ke 1.00cc.

Ya. Saya pikir kami butuh bicara bersama dengan para engineer untuk memutuskan jalur mana yang harus diikuti. (bdu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar