Rabu, 26 September 2012

Menjaga Kebersihan Filter Motor

BIAR DEBU NGGAK SEMAKIN MENGGANGGU
Kemarau panjang membuat debu-debu di jalan semakin banyak. Partikel kecil dan kasat mata ini nyatanya cukup mempengaruhi daya gedor motor, yang secara umum menggunakan filter tipe busa, jenis kertas maupun kertas oli. Tapi ngak usah khwatir, berikut tips jitu mengatasi debu.
  Filter-filter ini bertugas menyaring udara dari luar untuk mendinginkan mesin atau membuat suhu mesin tetap ideal. Makanya semakin kotor filter, semakin berpengaruh terhadap kinerja motor,' buka Herman Sobari, pemilik bengkel mesin di bilangan Kepala Gading, Jakarta Utara.
Secara umum sistem filterisasi motor menggunakan tiga jenis filter utama yaitu Busa, Kertas dan Kertas Oli. Beda tipe, beda pula perawatan dan cara membersihkannya. Mau tahu seperti apa serunya mengupas macam-macam filter oli dan perawatan pada motor Yamaha bradercis? lets share!

1. Motor dengan Filter Udara "tipe Busa"
Tipe saringan udara ini, biasa juga disebut filter konvesional. Filter model ini perawatannya lebih mudah dan untuk membersihkannya cukup menggunakan bensin dengan cara direndam atau di siram, kemudian dikeringkan dan setelah itu disemprot dengan udara bertekanan tinggi. "Biasanya, supaya kinerja filter dalam menyaring kotoran lebih baik lagi, sebaiknya filter dilapisi oli sebanyak +15 cc kemudian diratakan. Filter tipe ini biasanya digunakan pada motor Vega 105 cc, Crypton, Jupiter 105 cc, Scorpion, RX King serta CVT untuk motor Matik," papar mekanik asal Banten ini.

2. Motor dengan Filter Udara "tipe Kertas"
Filter udara tipe kertas atau biasa disebut "Dry Element", mempunyai bahan yang lebih tebal sehingga nggak cepat rusak saat menyaring udara.
"Untuk membersihkannya pun cukup mudah karena tinggal di semprot dengan udara masuk dan dilakukan penggantian setiap kelipatan 9.000 km," papar herman. Tipe ini biasanyadigunakan pada motor Jupiter Z, Vega ZR, Jupiter MX, V-ixion dan Byson.

3. Motor dengan Filter Udara "tipe Kertas Oli"
Tipe kertas berpelumas oli ini juga biasa disebut "Wet Element". Bahan yangdigunakan juga hampir sama dengan tipe kertas namun untuk wet element sudah memiliki pelumas khusus di kertasnya yang berfungsi untuk menangkap kotoran. "Khusus yang satu ini tidak butuh perawatan dan hanya perlu dilakukan penggantian saja setiap kelipatan 15.000 km. Filter tipe kertas oli biasa digunakan pada motor Mio dengan nomor Mesin 28D, Mio Soul atau Soul GT dan Xeon," beber Herman. Senada dengan Herman, Rusadi "Gepeng" Wiyanto, kepala bengkel Wijaya Motor Jakarta menambahkan, Untuk filter tipe Busa dan tipe Kertas, dalam kondisi normal seharusnya dibersihkan setiap 2000~3000 km, namun karena sekarang musim kemarau panjang yang menyebabkan jalanan penuh dengan debu, proses pembersihan harus lebih sering lagi. "Kalau perlu seminggu sekali wajib di bersihkan, tentunya disesuaikan dengan kondisi kotoran yang menempel pada filter tersebut. Sedangkan untuk fiter udara tipe kertas Oli, bila kondisi kotoran yang menempel sudah terlalu tebal, sebaiknya dilakukan penggantian filter udara walaupun jarak tempuhnya belum mencapai 15.000 km seperti yang disarankan buku petunjuk penggunaan motor lansiran pabrikan," tutup Gepeng.

1 komentar:

  1. Gan tolng solusiny lmpu check engine x ride mati total tp mesin hidup np ya..blz

    BalasHapus