Jangan anggap sepele urusan merawat tekanan ban motor Anda. Dampak
terburuk yang bisa disebabkan dari kelalaian ini bisa sangat mengancam
keselamatan Anda ketika berkendara. Padahal hanya butuh waktu beberapa
menit saja untuk sekedar melakukan pengecekan rutin terhadap tekanan ban
motor Anda.
Berkendara pada saat kekurangan tekanan angin ban sangat
tidak dianjurkan. Sebaiknya langsung buru-buru dibawa ke bengkel ban
atau SPBU terdekat untuk segera ditambahkan tekanan anginnya. Karena
berkendara pada saat kekurangan tekanan angin ban bisa membuat ban pecah
terutama pada saat siang hari, karena faktor cuaca yang panas.
Selain itu tekanan angin yang kurang akan menyebabkan ban
akan habis tidak merata di bagian sisinya. Sementara tekanan angin yang
melampaui batas normal juga tidak dianjurkan. Banyak yang beranggapan
bahwa tekanan angin ban berlebihan akan membuat motor enteng untuk
melaju, tetapi berbahaya saat memasuki tikungan akibat dari ban yang
tidak semua permukaan menyentuh aspal. Selain itu, ban akan cepat habis
di bagian tengah.
Lalu kapan saat yang paling disarankan untuk melakukan
pemeriksaan tekanan angin ? Waktu yang paling tepat adalah di saat ban
sudah menjadi dingin, baiknya periksa tekanan ban hal ini dilakukan di
pagi hari di saat kendaraan sudah berhenti tidak dipakai semalam.
Untuk ban yang masih baru diwajibkan bagi Anda untuk
mengecek tekanan angin ban Anda secara rutin tiap hari, sebelum ban
mencapai jarak tempuh 3000 km. Hal ini disebabkan karena ban yang masih
baru cenderung memuai dan bertambah volumenya. Sehingga tekanan angin
pada ban Anda pastinya akan menurun. Untuk itulah rajinlah melakukan
pengecekkan tekanan angin ban baru Anda.
Luangkan juga waktu Anda untuk memeriksa terhadap kebocoran
udara dari pentil, jika hal ini terjadi maka gantilah valve core nya .
Valve core adalah katup yang berada di dalam pentil yang berguna untuk
memasukkan udara saat di pompa dan menutup saluran bila angin di dalam
ban mau keluar. Jika valve core rusak, maka akan terjadi kebocoran dalam
pentil. Cara pemeriksaan kondisi valve core adalah dengan memberikan
air pada pentil, jika timbul busa pada air tersebut , berarti valve core
Anda rusak. Dan hal terakhir yang sering pengemudi tidak perhatikan
adalah tidak adanya tutup pentil. Jangan sampai ban Anda tidak memiliki
tutup pentil !
Pertimbangkanlah untuk menggunakan Nitrogen. Saat ini
pengisian menggunakan Nitrogen sudah sangat umum dijumpai di berbagai
tempat. Meskipun harganya cukup mahal namun itu sebanding dengan
kualitas yang akan kita dapatkan yakni tekanan angin ban yang berumur
lebih panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar